Ini Dia 5 Cara Hacker Membobol Hp Android Anda

Posted by

5 Cara Hacker Membobol Hp Android Anda - AndroidTechnicia.Net, Semakin berkembangnya teknologi, banyak produsen yang berlomba-lomba untuk menciptakan produk smartphone terbaik setiap saat. Mereka menawarkan barang dengan spesifikasi yang tinggi dan dengan harga yang bervariasi. Selain itu, produsen menawarkan juga keamanan yang tinggi pada produk smartphone buatan mereka dari serangan para hacker. Namun, namanya Hacker tidak akan berhenti untuk terus mencari cara dan celah agar berhasil membobol pertahanan keamanan suatu smartphone. Para hacker biasa mencuri data, merusak sistem, dan lainnya. Bagaimana cara hacker membobol hp Android? berikut 5 cara para hacker berhasil membobol Android :

5 Cara Hacker Membobol Hp Android

Cara Hacker Membobol Hp Android

1.        Melalui Certifi-Gate

Certifi-Gate merupakan implementasi mobile remote support tool, yang mana tertanam pada sistem operasi Android yang dipasang oleh setiap pabrikan smartphone android. Di mana hacker memungkinkan untuk menggunakan plugin pihak ketiga untuk menduplikasi layar perangkat Anda kemudian melakukan suatu tindakan tertentu ke perangkat tersebut dengan menggunakan certificate dari OEM (produsen atau pabrik dari perangkat android). Para Hacker akan dengan mudah mengakses user dan melakukan tidakan yang harusnya hanya bisa dilakukan oleh pemilik smartphone. Solusinya adalah dengan download aplikasi dari situs terpercaya seperti Google Play Store.

2.        Melalui Aplikasi Baterai

Aplikasi baterai atau power saver akan meneliti semua data pada smartphone kita. Dari situlah hacker akan masuk dan membobol aplikasi baterai tersebut. Sehingga mereka akan mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai smartphone Anda kemudian akan dikirim ketika smartphone Anda tersambung internet dengan melalui “update versi terbaru”. Nah, solusi untuk ini yaitu tidak usah menginstal aplikasi baterai, karena sejatinya aplikasi baterai yang ditawarkan hanya akan menyesakan RAM dan memakan memori yang banyak. Ingin hemat baterai tanpa aplikasi dengan cara cukup menginstal aplikasi yang tidak menguras kerja baterai seperti contohnya live wallpaper.

3.        Melalui Aplikasi Chatting

Ada beberapa kasus aneh yang biasa dialami oleh seseorang ketika melakukan aktivitas chatting. Salah satunya adalah tiba-tiba mendapat suatu chat dari orang asing yang status di aplikasi chatiing adalah offline. Biasanya ini merupakan perbuatan para hacker untuk mengelabuhi si korban. Hacker meretas melalui penambahan kontak baru, melalui pesan, melalui panggilan tanpa identitas, atau mengirim URL video dan kemudian para hacker akan mendapatkan celah informasi smartphone Android. Aplikasi yang sering diretas pada Hacker adalah Skype, Hang Out, BBM, Whatsapp, dan Line. Solusinya adalah selalu cek kontak Anda, jika ada pengguna asing yang tertambah dalam kontak Anda segera hapus atau block kontak tersebut. Selain itu, jangan merespon pesan dari pengguna asing yang tak dikenal ataupun membuka link URL yang mereka berikan.

4.        Melalui Kunci Sidik Jari

Hacker akan menembus aplikasi android bawaan berupa pengaturan kunci melalui kunci sidik jari yang nantinya mereka akan lebih mudah mengakses smartphone Anda. Jika sudah berhasil tertembus, biasanya smartphone Anda akan melakukan hal-hal aneh seperti mengirim pesan sendiri, membuka browser sendiri atau lain sebagainya. Maka dari itu, lebih berhati-hatilah ketika berjelajah di internet, waspadalah terhadap iklan dan aplikasi yang tiba-tiba minta diunduh.

5.        Melalui SMS dan MMS

Para hakcer biasanya mengirim pesan berupa kode khusus yang telah disisipkan via SMS atau berupa gambar dan musik pada MMS. Ketika pesan tersebut Anda balas, maka hacker akan mendapatkan info smartphone Anda. Pesan yang berupa URL juga terkadang akan membawa kita ke suatu website dimana disana informasi kita terkumpul. Sayangnya, saat mereka berhasil menginput data Anda dari smartphone, Anda tidak akan sadar sama sekali. Maka dari itu, berhati-hatilah jika Anda menerima pesan baik berupa kode atau URL via SMS dan MMS ke smartphone Anda, lebih baik tidak perlu direspon.

Beberapa kasus di atas biasanya kurang disadari oleh para pengguna Android. Jika tidak ditanggapi serius maka nantinya justru akan berbahaya bagi Anda, karena hacker biasanya akan menyalahgunakan data yang sudah mereka dapatkan. Selalu berhati-hatilah, karena Android adalah sistem operasi yang menjadi platform paling banyak digunakan  di seluruh dunia.


Blog, Updated at: 7:22:00 PM

0 comments:

Post a Comment